Penyusunan kurikulum operasional di satuan pendidikan SD Muhammadiyah 3 Soko di sesuaikan kekhasan, kondisi dan pontensi daerah dengan menyelaraskan kondisi satuan pendidikan dan karakteristik peserta didik dalam satuan pendidikan. Dalam pengembangannya, kurikulum operasional sekolah akan mengacu pada capaian pembelajaran yang telah disusun oleh pusat dan diterjemahkan dalam alur tujuan pembelajaran yang dikonkretkan dalam proses pembelajaran.
Penyusunan dan pengembangan kurikulum operasional di satuan pendidikan SD Muhammadiyah 3 Soko berfokus kepada pemenuhan kebutuhan peserta didik dengan mengembangkan kompetensi dalam perubahan kehidupan abad ke-21 memuat ciri khas dan potensi lokal sekolah. SD Muhammadiyah 3 Soko berdomisili pada daerah yang strategis dipusat Pemerintahan Kecamatan Soko Kabupaten Tuban, pengembangan ekonomi dan wilayah pariwisata dengan keterjangkauan lokasi yang mudah ditempuh dengan sarana transportasi yang ada. Lingkungan sekolah pun berada dekat dengan sarana Kesehatan yaitu Puskesmas Soko, sarana olahraga yaitu : kolam renang SWS, Gedung Olah raga Soko Center, dan Masjid Baiturrohim Soko, dan lain-lain yang mendukung semua kegiatan pembelajaran
Latar belakang peserta didik rata-rata berada pada tingkat ekonomi menengah keatas dengan sarana prasarana yang cukup memadai dalam mendukung proses pembelajaran baik intra kurikuler maupun ekstra kurikuler. Latar belakang keagamaan, SD Muhammadiyah 3 Soko sebagai sekolah swasta Islam di bawah naungan Persyarikatan Muhammadiyah tingkat Cabang. Secara sosial budaya, peserta didik memiliki latar belakang orang tua yang berbeda budaya, sebagian besar warga asli Soko dan sebagian orang tua merupakan pendatang dari luar daerah. Selain itu, minat bakat peserta didik juga yang sangat beragam. Berdasarkan hal tersebut, SD Muhammadiyah 3 Soko melaksanakan implementasi kurikulum merdeka dengan menguatkan Profil Pelajar Pancasila untuk mencapai tujuan Pendidikan Nasional.
Profil Pelajar Pancasila secara umum adalah untuk membentuk karakter peserta didik yang beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, berkebhinekaan global, mandiri, bernalar kritis, bergotong royong dan kreatif dengan mengakomodir keragaman tersebut.